Saturday, March 21, 2015

Pertikaian Kakak Adik dan Air Mata seorang Ibu

            Sore itu Jeng Atin,Jeng Wedi,dan Jeng Rana sedang duduk di taman menikmati pemandangan di taman. Mereka baru selesai melakukan arisan rutin mingguan di taman itu dan belum berencana untuk segera pulang. Ketika mereka sedang menikamtai hembusan angin dan damainya suasana taman, perhatian mereka tiba-tiba teralihkan oleh 2 anak kembar yang sedang berebut mainan. Anak yang satu menarik sekuat tenaga lengan boneka yang mereka perebutkan,sementara yang satu lagi sekuat tenaga pula mempertahnkannya,sambil berteriak-teriak seolah tidak sudi melepaskan boneka itu dari tangannya.
             Mereka terus berebut,sambil berteriak-teriak,sampai akhirnya seorang ibu muda ,kira-kira berumur 27 tahun-an datang,dan melerai kedua anak tersebut. " Udah dong Wedi rini,nanti mama beliin satu boneka lagi " ,ucap sang ibu. Tapi kedua anak itu tidak mengindahkan dan tetap berebut mainan. Sang ibu tampak kesal melihat tingkah kedua anak kembarnya itu,,bukannya merayu dengan kata-kata yang lebih halus,sang Ibu malah melayangkan pukulan keras ke kedua anak itu,lalu menjewer mereka dan mengajaknya untuk pulang. Kedua anak itu hanya menangis,tapi tetap mengikuti langkah snag ibu.

"Padahal saudara kembar,tapi masih bernatem gitu ya jeng",ucap Jeng Atin memecah keheningan.

"Iya jeng,kirain anak saya aja yang suka bereantem,ternyata anak kembar gitu juga bisa berantem sampe segitunya ya,,",Jeng Wedi menimpali.

"Emang anak Jeng Wedi suka berantem juga?" tanya Jeng Atin.

"Iya jeng,si Dewo ama Dewi,kalo berantem suka kelewatan" jawab Jeng Wedi.

"Iddih sama dong sama anak saya si Rangga sama Anggar,kalo anaknya Jeng Atin gimana? " Jeng Rana ikut berkomentar.

"Sama aja jeng,si Tina sama Nita, tiap hari kerjannya berantem mulu,, emang sih kadang akur, tapi bentar-bentar kumat lagi,kumat lagi. Yang paling parah 2 minggu lalu jeng,,saya ampe dibikin nangis gara-gara mereka udah kelewatan jeng" ungkap jeng Atin.

"Sampe nangis? gimana ceritanya jeng?" tanya jeng Wedi.

"Iya jeng coba dong ceritain," tambah jeng Rana dengan nada penasaran.


            " Jadi gini,2 minggu lalu Pak Sarmili kan Ulang Tahun yang ke 69,nah diadainlah pesta kecil-kecilan di rumahnya,kebetulan yang diundang cuma ibu-ibu,..

"loh kapan jeng?kok saya ga tau sih?" potong jeng Wedi,

Itu kamis 2 minggu lalu,,jeng Wedi kan lagi pergi ke acara suanatannya pak Rakipli di Bandung,"sahut jeng Rana

"Oh iya,,maap maap jeng,lupa saya,,dilanjut atuh ceritanya,,"kata Jeng Wedi

"....nah,kan seusai acara di bagiin semacam snack tu,yang isinya chiki,permen,ama jajanan gitu jeng. Saya bawa pulanglah sanack itu,terus saya taro di meja ruang tamu. Berhubung udah sore dan badan saya rasanya gerah banget saya langsung ke kamar mandi jeng,pas saya lagi mandi sambil nyanyi lagu pusing pala bawah nya Juwita Bakar,tiba-tiba saya denger suara meja di gebrak. Langsung lah saya lari dari kamar mandi,saya cek di ruang tamu,ternyata si Tina ama Nita udah berdiri dengan mata saling melotot. Pas mereka liat saya dateng,tiba-tiba mereka langsung teriak-teriak ga jelas sambil tutup mata. Saya kan kebingungan jeng ,"
Jeng Atin menarik napas sebentar.

"emang kenapa jeng,mereka pada nutup mata?"tanya jeng Rana seolah tak sabar.

"Ternyata saya lupa make handuk jeng,jadinya saya bugil deh di depaan anak" jawab jeng Atin dengan muka memerah.

"Ya ampun jeng ampe segitunya ,gara-gara kaget,untung ga ada Pak Falen,duda kegatelan RT sebelah,,kalo ada bisa disikat langsung di tempat deh jeng Atin" canda bu Rana yang diiringi oleh suara tawa mereka bertiga.

"Haha iya jeng,saya lanjut ya,saya balik ke kamar mandi dan ambil anduk,terus saya tanya mereka ada apa sebenarnya,"

            "Ini ma,Nita mau makan es kiok-nya nya yang bagian atas,padahal kan yang liat bungkusan snack diatas meja,Tina duluan" jawab Tina.
"Ih kakak ma ga mau ngalah,aku kan ga minta semuanya ,es nya tetep di bagi dua,tapi aku mau yang diatas yang ada ujungnya" sergah Nita.
"Enak aja,jangan mentang-mentang aku kakak lah ,nagalah mulu,aku kan yang liat duluan ,jadi aku yang milih bagian mana yang buat aku," balas Tina
"Ah kakak pelit,sini es-nya" Nita mencoba merebut es dari Tina.
"Enak aja kamu" Tina mengelak,dan mencoba mempertahankan es nya.

Ilustrasi es kiok


            Aksi tarik menarik memperebutkan es kiok pun tak dapat dihindarkan di ruang tamu itu,wajah jeng Atin merah padam melihat kelakuan kedua anaknya,lalu dia berteriak dengan nada marah.

"NITA,TINA UDAH,STOP!!"

            Kedua anak itutidak peduli ,dan tetap memperebutkan es kiok yang nampaknya lebih berharga ketimbang perintah dari ibunya itu.

"Sini es krimnya" jeng Atin segera merampas es kiok itu dari kedua tangan anaknya,perhatian kedua anak itu pun tertuju kepada ibu mereka,mereka meminta agar ibunya memberikan es krim itu.

"Nita,Tina dengerin mama ya,kalian kan cuma 2 bersaudara,kalian tu harusnya saling berbagi,saling menolong,nanti kalau papa mama udah tua,udah sakit-sakitan,udah meninggal. Kan tinggal kalian berdua,kalau kalian kesusahan siapa yang mau nolong kalian?"nasihat Jeng Atin.

"Ih mama kok ngomongnya mati-mati sih,"isak Nita,

"Iya,ma.Kita kan masih sayang mama, jangan ngomong gitu dong ma" Tina menyabung.

"Kok jadi pada mewek,setiap orang kan pasti bakal mati,Nit,Tin,kalo mau mama sehat dan panjang umur ya kalian harus buat mama bahagia,jangan suka berantem terus,biar mama seneng dan bisa terus sama kaliansampe tua. Janji ya ga bakal berantem lagi,"

"Iya ma Tina janji ,"

"Nita juga,"

"Syukur deh kalo gitu" sahut Jeng Atin sambil tersenyum puas.

"Lah,terus adegan nangisnya mana jeng,katanya Jeng Atin sampe dibikin nangis gara-gara anak jeng berantem," potong Jeng Wedi seolah tidak puas.

"ntar dulu atu jeng ceritanya kan belom kelar ,jeng wedi maen potong-potong aja,"balas  Jeng Atin,

"Iya ni,Jeng Wedi ga sabaran,sok atuh di lanjut ceritanya jeng Atin,kata Jeng Rana

"Saya pikir mereka akhirnya faham,dan bener-benr ga akan berkelahi lagi,yaudah saya kan mau lanjutin mandi,yang smepet kepotong tadi,saya taruh lah es kiok tadi di meja.Tapi ternyata tiba-tiba si Nita langsung meraih es itu dari meja,Tina ga mau ketinggalan,dan langsung narik tu es kiok,tapi mungkin karena es nya udah agak mencair jadinya tangan mereka licin. Terus es kiok nya lepas dan terlempar. Mereka berdua jatuh bersamaan. Nah apesnya tu es kiok kelempar ke arah guci kesayangan saya.Itu guci saya beli dari Thailand seharaga 25 juta,dan gara-gara kena es kiok itu guci jatoh dan pecah,melayanglah 25 juta saya. Di situ saya langsung nangis sejadi-jadinya,guci antik saya yang berharga puluhan juta ,hancur sudah. Melihat kejadian itu,kedua anak saya malah langsung kabur ke kamarnya. Udah deh saya nangis seharian gara-gara tu guci pecah.Gitu loh jeng,,"

"Oh gara-gara guci to kirain apaan,"kata  Jeng Wedi.

"Gimana sih Jeng Wedi,25 Juta nya itu loh jeng," balas Jeng Rana.

"Iya tapi gapapa juga sih , soalnya ternyata itu guci udah di asuransiin sama suami saya,jadi dapat uang pertanggungan gitu jeng," Jeng Atin menerangkan.

"Sukur deh kalo gitu jeng," kata Jeng Wedi

"Iya sukur ya jeng,jadi ga rugi-rugi amat hehe" tambah Jeng Rana.

            "Tapi jeng,anaknya jeng Atin ma ga terlalu parah sebenernya,cuma tarik-tarikan kalo berantem," kata Jeng Wedi

"Emangnya anaknya Jeng Wedi gimana kalo berantem?" tanya Jeng Rana

"Iya,emang gimana jeng?" tambah Jeng Atin penasaran,

"Behh,si Dewo sama Dewi kalo berantem ma barang-barang dilemparin semua,ya kulkas,Tv,mesin cuci,ancur semua mereka jadiin bahan lempar-lemparan," terang Jeng Wedi.

Tiba-tiba angin berhembus dan awan menjadi gelap...


            Bagaimankah kisah kenakalaan anak Jeng Wedi ??? Nantikan part 2 nya!

No comments:

Post a Comment